Sertijab 11-21 Februari 2013


KOLONEL MARINIR M. NADIR JABAT KOMANDAN RESIMEN ARTILERI-1 MARINIR
Surabaya, 20 Februari 2013
Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoyo Hari Santoso melantik Kolonel Marinir M. Nadir sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Marinir dalam upacara serah terima jabatan di Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Rabu, (20/2). Mantan Kadisprov Kormar tersebut dilantik sebagai orang nomor satu di Resimen Artileri-1 Marinir menggantikan
pejabat lama Kolonel Marinir Markos yang akan menempati pos baru sebagai Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir di Gedangan, Sidoarjo. Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan serah terima jabatan dalam organisasi militer memiliki makna yang sangat strategis, bukan hanya sekedar seremonial rutin tetapi mengandung maksud announcement atau pemberitahuan kepada anak buah bahwa telah terjadi pergantian jabatan. Selain itu, dengan serah terima jabatan ini menuntut adanya kinerja yang lebih baik sehingga akan tumbuh semangat baru (the new spirit) yang tentunya disertai dengan munculnya ide-ide segar yang dapat meningkatkan kinerja Korps Marinir ke depan. Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Marinir Markos atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Marinir, juga ucapan selamat kepada Kolonel Marinir M. Nadir atas jabatan yang baru sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Marinir, serta berharap agar Kolonel Marinir M. Nadir dapat mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama. Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir M. Hari, Danpuslatdiksarmil Kolonel Marinir Enjang Suryana, para Asisten Pasmar-1, Komandan Kolak/Satlak di jajaran Pasmar-1 serta pejabat TNI/Polri di wilayah Surabaya.
(dispenkormar@2013)
 -------------------
SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN DETASEMEN JALAMANGKARA
Jakarta, 19 Februari 2013
Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington  bertindak selaku inspektur upacara pada acara Serah Terima Jabatan Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) di Kesatrian Denjaka Arthur Solang, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (19/02)
Jabatan Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Marinir Budi Purnama kepada penggantinya Kolonel Marinir Nur Alamsyah. Selanjutnya Kolonel Marinir Budi Purnama menjabat sebagai Komandan Komando Latih Marinir (Kolatmar). Hadir pada upacara sertijab tersebut Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana, perwakilan Bais TNI Kolonel Inf Lukmanul, Sekdiswatpersal Kolonel Laut (T) Ade Suwardi dan pejabat teras Korps Marinir serta Para Asisten dan Dankolak Pasmar-2.  (dispenkormar@2013)
----------------------

JABATAN DANBRIGIF-2 MAR SERTA DANMENKAV-2 MAR DISERAHTERIMAKAN
15 Februari 2013
Komandan Pasmar-2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana bertindak selaku Irup pada upacara Serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri-2 Marinir (Danbrigif-2 Mar) dan Komandan Resimen Kavaleri-2 Marinir (Danmenkav-2 Mar) di Lapangan apel Brigif-2 Mar, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta selatan, Jumat(15/02).

Komandan Brigif-2 Mar yang semula dijabat oleh Kolonel Marinir Suhartono diserahterimakan kepada Kolonel Marinir Endi Supardi yang sebelumnya menjabat Danmenkav-2 Mar, selanjutnya Kolonel Marinir Suhartono akan mengikuti pendidikan Sesko TNI. Sedangkan jabatan Komandan Resimen Kavaleri-2 Marinir diserahterimakan dari Kolonel Marinir Endi Supardi kepada Kolonel Marinir Herry Djuhaeri yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Kaspasmar-1. Dalam amanatnya Danpasmar-2 menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kolonel Marinir Suhartono dan Kolonel Marinir Endi Supardi atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat Danbrigif-2 Mar dan Danmenkav-2 Mar.  Serta mengucapkan selamat atas jabatan baru kepada Kolonel Marinir Endi Supardi dan Kolonel Marinir Herry Djuhaeri sebagai Danbrigif-2 Mar dan Danmenkav-2 Mar. Hadir pada acara sertijab kali ini Para Dankolak Kormar, Para Kadis kormar dan Para Dankolak Pasmar-2 serta tamu undangan lainnya. (dispenkormar@2013)
-------------------------
SERTIJAB ASINTEL, ASPERS, KADISKU KORMAR DAN PENYERAHAN JABATAN KADISPROV KORMAR
13 Februari 2013
Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Achmad Faridz Wasington memimpin serah terima jabatan Asintel Dankormar, Aspers Dankormar dan Kadisku Kormar serta penyerahan jabatan Kadisprov Kormar bertempat di Graha Marinir Markas Komando Korps Marinir Jakarta, Kamis (13/02). Dalam Amanatnya Komandan Korps Marinir menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Suaf Yanu Hardani, Kolonel Marinir Ichwan Dargianto, Kolonel Laut (S) Agus Supriyadi dan Kolonel Marinir M. Nadir atas segala sumbangan pemikiran serta usaha yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Asintel, Aspers, Kadisku dan Kadisprov.  Dalam Sertijab tersebut Kolonel Marinir Suaf Yanu Hardani yang digantikan oleh Kolonel Marinir Imam Sopingi akan menempati jabatan sebagai Danpuslatdiksarmil, sedangkan Kolonel Marinir Ichwan Dargianto yang digantikan oleh Kolonel Marinir Purnomo dan Kolonel Laut (S) Agus Supriyadi yang digantikan oleh Kolonel Laut (S) Hana Rochijadi akan mengikuti pendidikan Sesko TNI. Sedangkan Kolonel Marinir M. Nadir yang menyerahkan jabatannya Kepada Komandan Korps Marinir akan menempati jabatan sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Pasmar-1. Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana, Para Pejabat Teras Mako Kormar dan Pasmar II serta Para Dankolak Korps Marinir. (dispenkormar@2013)
-------------------------

PENYERAHAN JABATAN KEPALA STAF PASMAR-1
Sidoarjo, 13 Februari 2013
Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoyo Hari Santoso menerima penyerahan jabatan Kepala Staf Pasmar-1 dari Kolonel Marinir Dedi Suhendar, di Mako Pasmar-1 Jl. A. Yani No.1A Gedangan, Sidoarjo, Rabu (13/2/2013). Kolonel Marinir Dedi Suhendar selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Wadan Lantamal I Belawan. Pada amanatnya Komandan Pasmar-1 menyampaikan, penyerahan jabatan merupakan peristiwa biasa yang dapat dijadikan indikator bergulirnya proses pembinaan personel dalam rangka memelihara dan meningkatkan aktualisasi peran organisasi lingkungan TNI, termasuk juga di lingkungan Korps Marinir, dalam rangka memperjelas hirarki dan tanggung jawab pelaksanaan tugas suatu jabatan sehingga proses administrasi tidak mengalami hambatan, selama ini Kolonel Marinir Dedi Suhendar telah banyak memberikan konstribusi yang baik untuk mengembangkan Pasmar-1 melalui konsep dan kreativitasnya guna mewujudkan organisasi yang lebih efisien, efektif dan produktif, sehingga tujuan organisasi dapat berjalan sesuai kebijakan pemimpin.”tegasnya. Lebih lanjut Komandan Pasmar-1 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Dedi Suhendar, bahwa selama menjabat sebagai Kepala Staf Pasmar-1, karena dedikasi dan loyalitas yang ditunjukkan selama ini, menjadikan tugas-tugas saya selaku Komandan Pasmar-1 dalam membina staf dapat terlaksana dengan baik. Diakhir amanat, Danpasmar-1 juga mengucapkan selamat bertugas menempati jabatan baru sebagai Wadan Lantamal I Belawan, semoga di tempat yang baru nanti diberikan kemudahan dan kesuksesan sehingga kita bisa kembali bersama-sama untuk membangun Korps Marinir yang kita cintai menjadi besar dan lebih baik. Usai melaksanakan penyerahan jabatan, acara dilanjutkan penyerahan cendera mata dari Komandan Pasmar-1 kepada Kolonel Marinir Dedi Suhendar dan ramah tamah di Loby Pasmar-1. Acara tersebut dihadiri oleh para Asisten Pasmar-1, Dankolak/Satlak Pasmar-1 serta para Pejabat teras di jajaran Pasmar-1.  (dispenkormar@2013)
---------------------

KOLONEL MARINIR SISWOYO HARI SANTOSO JABAT KOMANDAN PASMAR-1
12 Februari 2013
Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington melantik Kolonel Marinir Siswoyo Hari Santoso sebagai Komandan Pasmar-1 dalam upacara serah terima jabatan di Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Selasa, (12/2).Mantan Dandenma Mabesal tersebut dilantik sebagai orang nomor satu di Pasmar-1 menggantikan Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Suprapto, selanjutnya Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Suprapto akan menempati pos baru sebagai Dankorsis Sesko TNI. Selain melantik Komandan Pasmar-1, orang nomor satu di jajaran Baret Ungu tersebut juga melantik Kolonel Marinir Budi Purnama sebagai Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) menggantikan Kolonel Marinir Amir Faisol yang akan mengikuti Dikreg Sesko TNI.Rangkaian upacara serah terima jabatan diawali dengan rentetan ledakan bungalor torpedo, kemudian diikuti manuver berbagai jenis material tempur yang dimiliki Pasmar-1 seperti Tank BMF-3F, BTR 50 PM, Tank PT 76 M, Kapa 61,  RM 60 Grad serta tembakan Meriam Howitzer 122 MM dan 105 MM.Belum berhenti para undangan mengagumi atraksi dan manuver material tempur yang dimiliki Pasmar-1, para undangan yang hadir dalam upacara tersebut kembali dibuat tercengang saat 3.000 pasukan upacara melakukan Yel-yel Haka-haka Pasmar-1 yang dilaksanakan secara kompak dan penuh semangat yang disambut dengan tepuk tangan oleh para undangan.Komandan Korps Marinir  Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington dalam amanatnya mengatakan serah terima jabatan tersebut pada hakekatnya merupakan bagian penting dalam perjalanan organisasi, selain itu juga sebagai bagian dalam proses pembinaan karir seorang perwira Korps Marinir TNI AL dengan harapan  akan selalu muncul ide-ide baru yang lebih segar dan inovatif sekaligus membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi Pasmar-1 dan Kolatmar. Dalam menghadapi perkembangan situasi ke depan, lanjutnya,  Dankormar  mengharapkan agar Pasmar-1 dan Kolatmar terus membina, meningkatkan dan memantapkan identitas serta jati diri prajurit Korps Marinir sebagai prajurit petarung yang religius dan humanis.  “Kendala yang ada merupakan tantangan yang harus dihadapi dan dicarikan solusinya, hal ini telah dibuktikan oleh prajurit-prajurit Pasmar-1 dan Kolatmar, dimana tidak bisa dipungkiri dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta, Pasmar-1 dan Kolatmar telah banyak menorehkan tinta emas dengan senantiasa hadir dan kerkontribusi positif dalam setiap penugasan operasi maupun tugas-tugas lainnya dengan keberhasilan yang membanggakan Korps Marinir,” tegas Dankormar. Dalam kesempatan tersebut Komandan Korps Marinir, atas nama pribadi sekaligus pemimpin Korps Marinir,  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Suprapto dan Kolonel Marinir Amir Faisol atas dharma bhakti dan pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Pasmar-1dan Kolatmar. Kepada ibu Enny Kurnianingsih dan ibu Aries Christiany,  Dankormar  juga menyampaikan ucapan terima kasih atas segala jerih payah dan pengabdiannya mendampingi suami ikut serta dalam membina organisasi istri-istri prajurit atau Jalasenastri Pasmar-1dan Kolatmar, yang juga telah memberikan kontribusi positif dalam pembinaan kehidupan dan kesejahteraan keluarga prajurit di lingkungan Pasmar-1 dan Kolatmar.Selanjutnya kepada Kolonel Marinir Siswoyo HS dan Kolonel Marinir Budi Purnama, Komandan Korps Marinir mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir sebagai Komandan Pasmar-1 dan Komandan Kolatmar. Kepada ibu Nurul Amalia Lestari dan ibu Dwi Anggarawati, Komandan juga mengucapkan selamat, semoga ibu dapat mencurahkan waktu dan perhatian dalam mendampingi suami guna mewujudkan kesejahteraan keluarga prajurit di lingkungan Pasmar-1 dan Kolatmar.Selain itu Komandan Korps Marinir juga menyampaikan ucapan terima kasih  dan penghargaan yang tulus kepada  seluruh   prajurit  Pasmar-1 dan Kolatmar, atas  dukungan yang telah diberikan kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) R. Gatot Suprapto dan Kolonel Marinir Amir Faisol dalam memimpin Pasmar-1 dan Kolatmar selama ini serta mengharapkan agar senantiasa memberikan dukungan terbaiknya kepada Kolonel Marinir Siswoyo HS dan Kolonel Marinir Budi Purnama  sebagai  Komandan  yang baru. (dispenkormar@2013)