Sertijab Maret 2012


Kolonel Marinir Amir Faisol Jabat Komandan Kolatmar
Surabaya, 30 Maret 2012-

Salam Komando Dankormar dengan pejabat lama dan baru
--------------
Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin melantik Kolonel Marinir Amir Faisol sebagai Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) dalam upacara serah terima Jabatan Dankolatmar di lapangan apel kesatrian Ewa Pangalela, Gunungsari, Surabaya, Jumat, (30/3). Pamen Korps Marinir lulusan AAL tahun 1988 yang saat ini masih memegang Tongkat Komando Brigif-1 Marinir itu dilantik sebagai Komandan Komando Latih Korps Marinir menggantikan pejabat lama Kolonel Marinir Eddy Setiawan yang akan
menempati jabatan baru sebagai koordinator dosen sosial sub bidang studi kepemimpinan di Seskoal Jakarta. Dalam amanatnya, Komandan Korps Marinir mengatakan, jabatan merupakan amanah dan kehormatan yang diberikan negara kepada perwira yang memiliki prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban, sehingga setiap perwira dituntut untuk selalu menjaga sikap dan berperilaku serta mampu memberi suri tauladan baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Orang nomor satu di jajaran korps Baret Ungu itu juga mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan tantangan untuk meningkatkan kemampuan pribadi dalam menyampaikan ide serta gagasan sesuai dengan jabatan baru yang diemban guna memberikan karya yang terbaik bagi organisasi. Tantangan tugas Korps Marinir ke depan akan semakin kompleks, lanjutnya, sehingga perlu adanya penyesuaian dan perubahan-perubahan sesuai dengan tuntutan perkembangan yang terjadi. “Kita tidak perlu takut berubah, sepanjang untuk kebaikan organisasi,” tegas orang nomor satu dijajaran Korps Marinir itu. “Dengan profesionalisme dan keberanian, kita harus terus berupaya melakukan perubahan ke depan secara positif yang lebih konsisten, terarah, terukur, jelas dan bertanggung jawab,” imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut, Komandan Korps Marinir atas nama pribadi dan pemimpin Korps Marinir menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Eddy Setiawan atas dharma bhakti dan pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin serta memajukan Komando Latih Korps Marinir, kepada Kolonel Marinir Amir Faisol, Komandan Korps Marinir mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir sebagai Komandan Komando Latih Korps Marinir yang baru. Selain itu, Komandan Korps Marinir juga berharap kepada seluruh prajurit Kolatmar agar selalu memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas pejabat yang baru. Turut hadir dalam kesempatan itu, Komandan Kobangdikal Laksda TNI Sadiman, Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI M.Atok Urrahman, Kasgartap III Surabaya, Brigjen TNI (Mar) Chaidier Patonnory, Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) P. Verry Kunto, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, para Asisten Dankormar, para Komandan Kolak/Satlak Marinir Surabaya dan pejabat TNI/Polri di wilayah Surabaya.
dispenkormar@2012
===============
Sertijab Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir
Surabaya, 30 Maret 2012-

Foto bersama dengan Ketua Gabungan Jalasenastri Kormar
-------------------
Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir, Ny Nita Alfan Baharudin memimpin serah terima jabatan Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir di ruang rapat Puslatpasrat Gunungsari, Surabaya, Jumat, (30/3). Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Ny. Eddy Setiawan kepada penggantinya Ny. Amir Faisol.
Dalam sambutannya, Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir mengatakan, serah terima jabatan Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir ini merupakan bagian dari pelaksanaan serah terima jabatan Dankolatmar yang telah berlangsung beberapa saat yang lalu, dengan demikian secara otomatis jabatan Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir harus menyesuaikan sebagai dinamika organisasi. Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran jalasenastri Korps Marinir itu mengatakan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi secara otomatis akan memberikan konsekwensi perubahan-perubahan, baik dalam gaya kepemimpinan maupun dalam hal kebijan-kebijakan. “Satu hal penting dari tujuan perubahan-perubahan itu adalah bagaimana kita dapat melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi kepentingan organisasi,” tegasnya.
Hal itu akan dapat terwujud, lanjutnya, apabila kita cerdas mebaca situasi, ikhlas dalam melaksanakan setiap tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada kita serta tidak ragu dalam menentukan sikap dalam mengambil suatu keputusan maupun tindakan. Ny. Nita Alfan Baharudin juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Ny. Eddy Setiawan, atas kepemimpinannya sehingga Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir dapat berjalan dengan baik dan harmonis, serta ucapan selamat datang dan selamat bertugas sebagai Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir kepada Ny. Amir Faisol. Selain itu, Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir juga berharap kepada ibu-ibu pengurus Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir beserta seluruh anggota agar memberikan dukungan dan partisipasinya dengan penuh keikhlasan kepada Ketua Cabang-5 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir yang baru. dispenkormar@2012
=============
Sertijab Aspers Dankormar
Jakarta, 27 Maret 2012-

Dankormar menyematkan tanda jabatan Aspers kepada pejabat baru
--------------
Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin memimpin serah terima jabatan Asisten Personel Komandan Korps Marinir (Aspers Dankormar) dari pejabat lama Kolonel Marinir Wuryanto kepada penggantinya Kolonel Marinir Ichwan Dargianto di Markas Komando Korps Marinir, Jl. Prapapatan 40 Jakarta, Selasa (27/3).
Kolonel Ichwan Dargianto sebelumnya menjabat Komandan Resimen Arteleri -1 Surabaya, sedangkan Kolonel Marinir Wuryanto akan menempati Jabatan baru sebagai Komandan Brigade Infanteri - 1 Marinir Surabaya. Dalam amanat tertulisnya Komandan Korps Marinir menyampaikan beberapa penekanan kepada pejabat Aspers yang baru, yaitu, pertama, mantapkan pembinaan personel, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat terhindar dari berbagai pelanggaran. Kedua, laksanakan pembinaan personel dan tingkatkan kesejahteraan Prajurit/PNS dan kelurganya melalui kegiatan-kegiatan sosial. Ketiga, seluruh kegiatan administrasi personel termasuk UKP, Pendidikan dan Patjab dilaksanakan sesuai ketentuan dan transparan termasuk penyaluran hak-hak Prajurit dan PNS tepat waktu. Keempat, rencanakan pengisian Personel Brigif Sorong dan Yonif - 10 Marinir Batam. Di akhir amanatanya Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Wuryanto atas segala sumbangan pemikiran serta usaha yang telah dilakukan selama mengemban jabatan sebagai Aspers Dankormar. “ Selamat jalan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru sebagai Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir. Mohon sampaikan juga salam saya kepada Ibu Wuryanto yang selama ini dengan sabar dan penuh pengertian memberikan dorongan dengan semangat untuk melaksanakan tugas secara maksimal” kata Dankormar.
Selanjutnya Dankormar dan seluruh jajaran Korps Marinir menyampaikan ucapan selamat kepada Kolonel Marinir Ichwan Dargianto, atas pengangkatan sebagai Aspers Dankormar. “ Saya yakin dan percaya dengan berbekal pengalaman pada penugasan sebelumnya, saudara akan mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya” ucap Dankormar kepada pejabat baru.
Turut hadir dalam serah terima jabatan tersebut Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) A. Faridz Washington, Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan, para Asisten dan Kadis Korps Marinir serta Asisten Kaspasmar-2. Dispenkormar@2012
=============
Kolonel Marinir Markos Jabat Komandan Resimen Artileri-1 Marinir
Surabaya, 21 Maret 2012-

Salam komando Danpasmar-1 dengan pejabat lama dan baru
---------------
Komandan Pasmar-1, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Resimen Artileri-1 Marinir di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu, (21/3). Jabatan Komandan Resimen Artileri-1 Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Marinir Ichwan Dargianto kepada penggantinya Kolonel Marinir Markos. Kolonel Marinir Markos sebelumnya menjabat sebagai Asintel Kaspasmar-1, sedangkan Kolonel Marinir Ichwan Dargianto akan menempati pos baru sebagai Asisten Personel Komandan Korps Marinir (Aspers Dankormar) di Mako Korps Marinir Jakarta. Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan, dalam organisasi Korps Marinir TNI AL serah terima jabatan (sertijab) merupakan suatu proses yang wajar dan akan terus dilaksanakan, disamping sebagai pembinaan personel juga sebagai penyegaran organisasi untuk memberikan pembekalan kepada perwira yang dipilih dalam rangka mengembangkan karier selanjutnya.
Selain itu, Sertijab ini memiliki dimensi yang sangat penting dan strategis dalam rangka kaderisasi dan reorganisasi serta memberikan peluang dan waktu kepada perwira terpilih untuk mengimplementasikan seni dan ilmunya dalam rangka memimpin satuan. Komandan Resimen Artileri-1 Marinir, lanjutnya, merupakan pembantu dan pelaksana Komandan Pasmar-1 dalam penyelenggaraan pembinaan kemampuan dan menyiapkan kekuatan tempur pasukan pendarat unsur-unsur Artileri Marinir dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas Artileri dalam pelaksanaan operasi amfibi, operasi pertahanan pantai pulau-pulau strategis serta tugas-tugas tempur lainnya. Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Marinir Ichwan Dargianto atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Artileri-1 Marinir, juga ucapan selamat kepada Kolonel Marinir Markos atas jabatan yang baru sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Marinir, serta berharap agar Kolonel Marinir Markos dapat mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama. Selain itu, Komandan Pasmar-1 juga berharap kepada seluruh anggota di jajaran Resimen Artileri-1 Marinir agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas pejabat yang baru. Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir M. Hari, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Edy Setiawan, Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Hasanudin, Komandan Satuan Brimob Polda Jatim Kombes Pol Mashudi, para Asisten Kaspasmar-1,dan Komandan Kolak/Satlak dijajaran Pasmar-1 serta pejabat TNI/Polri di wilayah Surabaya. dispenkormar@2012
=============
Sertijab Ketua Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir
Surabaya, 21 Maret 2012-

Ketua Korcab Pasmar-1 foto bersama Ketua Cabang-4 Korcab Pasmar-1 yang lama dan baru
---------------
Ketua Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Tommy Basari Natanegara memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir di ruang rekreasi Yonarhanud-1 Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu, (21/3). Jabatan Ketua Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Ny. Ichwan Dargianto kepada pejabat baru Ny. Markos. Pergantian jabatan ini, lanjutnya, diharapkan dapat melahirkan ide-ide segar, inovasi baru dan kreatifitas yang dapat lebih memajukan organisasi Jalasenastri khususnya Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir. “Keberhasilan dan kesuksesan suatu organisasi digambarkan oleh figur seorang pemimpin, untuk itu berilah contoh dan tauladan serta jadilah panutan yang baik sehingga tercipta suasana saling asah, asih dan asuh terhadap pengurus maupun anggota,” tegas orang nomor satu dijajaran Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir itu. Ny. Tommy Basari Natanegara juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Ny. Ichwan Dargianto atas kesabarannya memimpin, membina serta mengarahkan anggota dan pengurus Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir, sehingga roda organisasi dapat berjalan dengan baik, serta ucapan selamat datang dan selamat bertugas sebagai Ketua Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir kepada Ny. Markos. Selain itu, Ketua Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir juga berharap kepada ibu-ibu pengurus Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir beserta seluruh anggota agar memberikan dukungan dan partisipasinya dengan penuh keikhlasan kepada Ketua Cabang-4 Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir yang baru.
==============
Sertijab Asintel & Aslog Kaspasmar-1
Surabaya, 21 Maret 2012-

Penandatanganan memorandum sertijab oleh Danpasmar-1
----------
Jabatan Asisten Intelijen Kaspasmar-1 dan Asisten Logistik Kaspasmar-1 diserahterimakan dalam upacara sederhana dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara di ruang rekreasi Yonarhanud-1 Mar Karang Pilang Surabaya, Rabu (21/3).
Jabatan Asisten Intelijen Kaspasmar-1 diserahterimakan dari Kolonel Marinir Markos kepada Letkol Marinir Widodo. Kolonel Marinir Markos akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Marinir (Menart-1 Mar) di Karang Pilang, sedangkan Letkol Marinir Widodo sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Brigade Infanteri-2 Marinir di Jakarta. Untuk jabatan Asisten Logistik Kaspasmar-1 diserahkan dari Kolonel Marinir Listiyarto kepada Letkol Marinir Aris Mudian. Kolonel Marinir Listiyarto menempati jabatan baru sebagai Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri di Kodikmar (Danpusdikkav) Surabaya, sedangkan Letkol Marinir Aris Mudian sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Resimen Kavaleri-2 Marinir di Jakarta.Dalam amanatnya Komandan Pasmar-1 menyampaikan, serah terima jabatan dalam lingkungan TNI AL adalah merupakan kegiatan yang rutin yang biasa terjadi, ini merupakan proses di bidang personel juga sebagai dinamisasi organisasi, dan juga untuk memberi bekal kepada Perwira-perwira yang dipilih dalam rangka mengembangkan tradisi.
Lebih lanjut Komandan Pasmar-1 menyampaikan, pada kesempatan yang baik ini saya pribadi dan atas nama seluruh anggota Pasmar-1 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kolonel Marinir Markos dan Kolonel Marinir Listiyarto yang telah melaksanakan tugas sebagai Asintel dan sebagai Aslog Kaspasmar-1 dengan baik, dan kepada Letkol Marinir Widodo dan Letkol Marinir Aris Mudian saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Asintel dan Aslog Kaspasmar-1, jabatan itu merupakan penghargaan, kehormatan yang harus diperjuangkan merupakan amanah, saya minta dilaksanakan sebaik-baiknya apa yang dicapai oleh pejabat terdahulu untuk ditingkatkan dan saya yakin dengan bekal pengalaman yang pernah saudara miliki saya yakin dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya, baik sebagai Asintel maupun sebagai Aslog Pasmar-1.Hadir dalam serah terima jabatan tersebut Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Dedi Suhendar, para Asisten Kaspasmar-1, para Dankolak/Satlak Pasmar-1 serta para pejabat teras dilingkungan Pasmar-1. dispenkormar@2012
=============
Penyerahan Jabatan Wadan Menkav-2 Marinir
Surabaya, 9 Maret 2012-

Penandatanganan memorandum penyerahan jabatan
---------------
Jabatan Wakil Komandan Resimen Kavaleri-2 Marinir (Wadan Menkav-2 Mar) diserahkan dari pejabat lama Letkol Marinir Aris Mudian kepada Komandan Menkav-2 Marinir Kolonel Marinir Endi Suparrdi di ruang rapat Markas Menkav-2 Marinir, Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (9/3). Penyerahan jabatan ini dilakukan karena Letkol Marinir Aris Mudian akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Logistik Kepala Sataf Pasmar-1 (Aslog Kaspasmar-1) yang berkedudukan di Surabaya. Hadir dalam upacara penyerahan jabatan tersebut, para Perwira staf Menkav-2 Mar, para Dansatlak Menkav-2 Mar dan perwira undangan. Dalam sambutannya Danmenkav-2 Marinir menyampaikan, Letkol Marinir Aris Mudian adalah salah satu perwira Menkav-2 Marinir yang berprestasi sehingga mendapat kepercayaan dari pimpinan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi sebagai Aslog Kaspasmar-1. Danmenkav-2 Mar juga berharap, semoga ditempat yang baru dan jabatan yang baru, Letkol Marinir Aris Mudian akan mampu mengemban tanggung jawab jabatan dengan sebaik-baiknya.
dispenkormar@2012
============
Letkol Marinir Dodi Mugiat Jabat Danyonmarhanlan V Surabaya
Surabaya, 3 Maret 2012-

Penyematan tanda pangkat "Komandan" kepada Ltk Mar Dodi Mugiat
--------------
Komandan Pasmar-1, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara melantik Letkol Marinir Dodi Mugiat sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) V Surabaya dalam suatu upacara yang digelar di Markas Komando (Mako) Lantamal V, Tanjung Perak, Surabaya, Jumat, (3/3). Sebelum diserahkan kepada Letkol Marinir Dodi Mugiat, Jabatan Danyonmarhanlan V Surabaya dijabat oleh Komandan Pasmar-1, karena pejabat lama, Mayor Marinir Ruslan mengikuti pendidikan di Seskoal, sedangkan Letkol Mar Dodi Mugiat, sebelumnya menjabat sebagai Perwira Staf Personel (Paspers) Brigif-1 Marinir.Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan, serah terima jabatan (sertijab) di lingkungan TNI Angkatan Laut/ Korps Marinir merupakan suatu dinamika yang wajar dan akan terus dilaksanakan, karena merupakan proses dinamisasi dan pembinaan organisasi guna memberikan kesempatan sekaligus peluang bagi perwira pilihan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kinerjanya agar dapat menghidupkan batalyon/ satuan yang lebih segar dan dinamis. “Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V secara organisasi berkedudukan langsung dibawah Komandan Pasmar-1, sedangkan dalam operasionalnya bertanggung jawab kepada Komandan Lantamal V selaku penerima BKO (Bawah Kendali Operasi),” tegasnya.Hal ini merupakan kondisi yang tidak ringan dan cukup menantang, lanjutnya, karena Danyonmarhanlan V dituntut untuk memadukan dan mensinergikan dua perintah dari satuan atas yag berbeda, untuk itu Danyonmarhanlan V harus memiliki sikap antipatif, adaptif dan flesibelitas yang tinggi, mampu memanfaatkan kearifan lokal serta kultur masyarakat guna menjawab tantangan tersebut. Dalam kesempatan itu, Komandan Pasmar-1 mengucapkan selamat kepada Letkol Mar Dodi Mugiat atas jabatan yang baru serta berharap agar dapat menggulirkan inovasi dan ide-ide cemerlang guna meningkatkan kualitas dan kinerja satuan dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks. Turut hadir dalam kesempatan itu, Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI M. Atok Urrahman, Kepala Staf Pasmar-1, Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Wadan Lantamal V Surabaya Kolonel Marinir I Ketut Suardana, para Asisten Kaspasmar-1 dan Komandan Kolak dijajaran Pasmar-1 serta pejabat TNI/Polri di wilayah Surabaya.